Home » Dekorasi » Desain Interior Rumah Minimalis Ala Jepang

Desain Interior Rumah Minimalis Ala Jepang

youtube.com

Rumah minimalis ala Jepang menghadirkan konsep tradisional-modern ala Jepang. Khususnya penggunaan shoji atau pintu geser, yang menambah kekentalan budaya Jepang semakin terasa, selain itu tidak terlalu memakan banyak ruang seperti pada pintu swing. Keberadaannya menjadi pembeda rumah dengan gaya Jepang dan rumah lainnya. 

Keberadaan shoji, sangat cocok untuk rumah minimalis bergaya Jepang. Selain tidak terlalu memakan tempat, juga mengusung konsep yang unik. Dengan demikian, rumah tersebut memiliki nuansa rumah Jepang tradisional yang modern. Walaupun penggunaan shoji untuk hunian modern memiliki perbedaan dalam penggunaan material nya. 

Tidak hanya shoji yang menjadi ciri khas rumah Jepang. Beberapa desain Interiornya yang menjadikan rumah tersebut bergaya ala Jepang bisa dicoba untuk menambah inspirasi hunian dengan gaya Jepang. Berikut ini beberapa referensinya yang bisa dicontek, untuk hunian gaya Jepang yang memiliki ciri khas kebersamaan dan kehangatan bersama keluarga. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Ruang Tamu 

Rumah minimalis ala Jepang ini memiliki ruang tamu dengan konsep tradisional Jepang, namun tetap elegan. Terutama untuk ciri khas rumah Jepang itu sendiri memiliki beranda yang cukup luas, sebagai pembeda dengan rumah dengan gaya lainnya. 

youtube.com

Beranda yang luas tersebut bisa berfungsi sebagai ruang tamu pada rumah dengan gaya Jepang. Dengan demikian, penghuni rumah bisa menerima tamu dengan lebih ramah dan unik dengan konsep luar ruangan yang santai. Khususnya untuk menerima tamu yang tidak resmi. 

  • Ruang Keluarga 

Pada konsep rumah minimalis ala Jepang, memiliki ruang keluarga yang memiliki ciri khas rumah tradisional Jepang, tidak hanya shoji yang dapat membuat ruangan menjadi lebih leluasa. Tetapi juga konsep lesehan dan penggunaan kasur lipat serba guna yang sekaligus bisa difungsikan sebagai kasur tamu. 

  • Kamar Tidur

Konsep kamar tidur khas rumah minimalis ala Jepang yaitu memiliki konsep yang rapih, namun tetap elegan. Kamar tidur sederhana dengan matras yang bisa dilipat di siang hari serta disimpan di dalam lemari. Dengan demikian, bisa memaksimalkan penggunaan kamar di siang hari. 

yotube.com

Kamar tidur dengan konsep gaya Jepang dilengkapi dengan kasur yang praktis dan dapat dilipat serta dimasukan ke dalam lemari khusus kasur dengan gaya Jepang. Dengan demikian, kamar tidur tersebut bisa digunakan untuk ruang serba guna pada siang hari. Tentunya hal tersebut sangat cocok untuk ruangan yang serba minimalis. 

  • Dapur 

Rumah minimalis ala Jepang memiliki dapur yang bersifat terbuka dan langsung terhubung dengan halaman belakang yang dipenuhi tanaman hias. Dengan demikian, sangat cocok untuk berinteraksi dan bersantai dengan keluarga di sore hari. 

youtube.com

Dapur pada rumah minimalis ini berlantai kayu yang dapat memberikan kesan eksotis, namun tetap elegan. Dengan demikian, akan menambah kesan rumah dengan gaya Jepang yang khas namun tetap minimalis. 

  • Ruang Makan 

Desain interior rumah minimalis ala jepang, yaitu memiliki ruang makan yang dapat meningkatkan kebersamaan bersama keluarga. Sesuai dengan konsep rumah Jepang pada umumnya yang selalu mengusung konsep kehangatan bersama keluarga. 

Konsep kehangatan bersama keluarga inilah yang menjadi salah satu ciri rumah ala jepang penuh dengan cinta. Ruang makan ditempatkan pada beranda belakang dengan terbuka serta menyatu dengan halaman belakang. Pada rumah Jepang gaya tradisional memiliki ruangan makan dalam bentuk lesehan. 

  • Halaman Belakang

Poin penting dari rumah minimalis ala Jepang adalah memiliki halaman belakang dengan penataan tanaman yang indah, enak dilihat, serta cocok digunakan apabila ingin melepas penat. Halaman ini wajib ada pada rumah bergaya Jepang karena konsep dari rumah Jepang itu sendiri memiliki konsep cinta dan alam. 

Beranda yang luas yang menyambungkan halaman luar dengan halaman dalam rumah. Menjadikan beranda tersebut bersifat multifungsi. Itulah sebabnya pada beberapa rumah Jepang selalu memiliki halaman belakang yang tertata rapi. Hal tersebut bertujuan untuk penggunaan beranda belakang semakin fungsional. 

youtube.com

Ingin memiliki rumah minimalis ala Jepang? Silahkan mencontek desain Interiornya terlebih dahulu, untuk menghadirkan budaya Jepang di dalam hunian. Dengan demikian, rumah dengan bernuansa Jepang lebih mudah untuk diciptakan. Terutama bagi mereka yang mengutamakan kebersamaan keluarga, dimana konsep ini merupakan konsep yang cocok. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *